Site Loader

Kita telah melewati secara formal lebih dari dua dsa warsa berdirinya Padepokan Filosofi dan Pondok Tani Organik Yasnaya Polyana. Padepokan ini menjalankan berbagai macam cita-cita dalam kehidupan di masyarakat desa yang sudah diarungi bahkan lebih dari 20 tahun dalam hitungan formal, oleh karena ide dan cita-citanya telah terilhami hampir 40 tahun sebelumnya atas sentuhan-sentuhan dengan kehidupan di pedesaan khususnya di desa Peninis, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas dan umumnya untuk cita-cita pedesaan di seluruh tanah air Indonesia.

Mahzab kami jelas sedari dulu, membela kecerdasan dan anti pembodohan terhadap kehidupan di desa. Dengan mendidik pemuda, kader-kader tani yang berpotensi serta beradvokasi untuk membela sesamanya dan bukan kemapanan individu. Mahzab ini kita renungkan menjadi Tridaya yang menjadi cita-cita desa-desa kebangsaan dan diberikan tambahan berupa energi bergerak menjadi

sebuah upaya bersama agar tidak menjadi monopoli segelintir manusia, inilah energi yang menghasilkan “upaya karsa”.

Energi bergerak inilah yang mewujud menjadi energi sosial. Hal ini penting oleh karena kita tidak boleh hanya berhenti di Tridaya (Cipta, Rasa, dan Karsa) sebagai kemampuan alamiah individu yang lahir di dunia. Jika tidak ada energi yang bergerak bersama dengan terus mengupayakan kemajuan dan kreatifitas maka Tridaya bisa menjadi slogan kebudayaan semata yang lambat laun akan mengakibatkan kebusukan kebudayaan itu sendiri, bahkan kemunafikan.

Kami berkeyakinan melalui semangat Tri Daya Upaya Karsa dan pengalaman selama dua dasawarsa ini, akan menjadikan semakin terang apa yang kita cita-citakan untuk pencerahan dan penghidupan, mengupayakan selalu kerja-kerja pencerahan, penyadaran, dan advokasi terhadap kehidupan. Mendorong manusia organik seutuhnya dan menjadikan semangat kembali ke alam sebagai sebuah gerakan bersama dalam merawat cita-cita kemajuan umat manusia, bukan saling mengobyekkan dan menindas.

Post Author: Yasnaya Polyana Indonesia

Yasnaya Polyana Indonesia, Padepokan Filosofi & Pondok Tani Organik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *