Site Loader
Hubungi Kami

Pondok Tani Organik Yasnaya Polyana gencar mengembangkan tanaman pisang. Selain nilai filosofis, tentu juga nilai ekonomis yang juga bermaksud menjaga keseimbangan antara pencerahan dan penghidupan.

Pisang menjadi salah satu komoditas unggulan yang ditanam dalam jumlah besar dengan perlakuan organik. Selain rasanya yang manis, pisang memiliki tempat yang cukup penting dalam kehidupan sosial – budaya masyarakat, khususnya di desa. Buah pisang digunakan untuk menjamu tamu, sebagai tanda terimakasih, hidangan acara tradisi, dekorasi acara perkawinan, hingga digunakan untuk keperluan ritus kepercayaan lokal. Bahkan selain manfaat kesehatan, pisang juga dipercaya memiliki khasiat tertentu dalam kepercayaan lokal masyarakat.

Pohon pisang Pondok Tani memiliki kisah tersendiri di Yasnaya Polyana dalam pengembangannya seperti jenis pisang Raja dan Mas yang berawal masing-masing hanya dari satu pohon pisang saja, sekarang telah berkembang menjadi ratusan rumpun. Pohon pisang adalah pohon yang ekologis sebab ia membantu pengkomposan tanah dan menyimpan banyak air sehingga tanah pun tidak menjadi tandus, sebab itu pohon pisang dapat menjadi tanaman perintis untuk mengembalikan kesuburan tanah.

Kemampuan pohon pisang untuk memperbaiki tanah telah terbukti pada lahan Pondok Tani Organik Yasnaya Polyana yang sebelumnya berupa lahan tandus dan hanya ditumbuhi ilalang kini menjadi lahan yang subur. Keberhasilan diatas tidak terlepas dari proses niteni, nirokake, dan ngembangake yang dilakukan oleh Pendiri Padepokan, Bapak Ashoka Siahaan dan terus diajarkan pada generasi muda tani yang ada di Padepokan Filosofi dan Pondok Tani Organik maupun kelompok tani dan masyarakat yang belajar ke Padepokan. Merawat dan menanam pisang bukan hal yang sulit tapi bukan perkara yang mudah dikerjakan sebab dibutuhkan ketekunan, keterampilan, keseriusan, penghayatan, dan yang pasti dengan menjadikannya tantangan bukan beban.

Upaya yang dilakukan oleh Pendiri Pondok Organik Yasnaya Polyana kini membuahkan hasil dengan suburnya lahan pertanian yang kini dapat dinikmati dari hasil komoditas pertanian yang menyehatkan. Upaya penanaman pisang ini tercatat sebagai salah satu langkah yang diambil Pendiri Padepokan dalam menginisiasi pertanian organik yang telah berlangsung sejak tahun 1974. Terdapat aneka buah pisang yang ditanam yakni pisang Raja, pisang Emas, pisang Ambon Kuning, pisang Ambon Nangka, pisang Susu, dan beberapa pisang lainnya seperti pisang Kepok, Gebrot, Jaran dsb. Sebagai upaya advokasi, Pondok Tani Organik Yasnaya Polyana menerima donasi pisang varietas pisang lokal untuk konservasi.

Buah pisang dikenal sangat praktis diantara buah lainnya, sebab untuk mengkonsumsinya hanya perlu menyobek kulit tanpa memerlukan bantuan alat kupas seperti saat mengupas kelapa, nanas, atau buah lainnya. Buah pisang sangat kaya akan Serat, Vitamin B6, Vitamin C, dan Potassium (Kalium). manfaat buah pisang sangat banyak diantaranya :

  • Sebagai sumber energi yang baik saat beraktifitas fisik dan olahraga.
  • membantu otot-otot bergerak dengan baik
  • Membantu mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. pisang juga membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
  • Menangkal efek kerusakan sel dan jaringan tubuh, manfaat pisang yang satu ini dengan kandungan anti oksidan pada pisang
  • Meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal
  • Memiliki nilai jual ekonomis yang tinggi.

Konsumsi pisang oleh masyarakat sangat tinggi sebab selain posisi pisang dalam kebudayaan sosial masyarakat juga karena kesadaran akan kesehatan mengkonsumsi pisang. Sebab itu, marilah kita bersama-sama menanam dan mengkonsumsi pisang. Dengan menanam pisang, kita turut mengembalikan kesuburan tanah. Jika berminat untuk berlangganan pisang kami, segera hubungi marketing Pondok Tani melalui narahubung berikut : 0878-3091-6169 (Karishma Pribadhy), 0856-4076-4252 (Alif Syuhada).

Post Author: Yasnaya Polyana Indonesia

Yasnaya Polyana Indonesia, Padepokan Filosofi & Pondok Tani Organik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *