Site Loader
Hubungi Kami

Autarki adalah system ekonomi swasembada dan perdagangan terbatas, dimana suatu unegara dapat memenuhi kebutuhan dalam negerinya sendiri sehingga tidak perlu melakukan perdagangan internasional.

Autarki yang sejalan dengan ekonomi berdikari sebagaimana konsep Trisakti Bung Karno mencuat dalam Orasi Filsafat bertemakan ”Matinya Politik” yang dipaparkan oleh Ashoka Siahaan dalam kegiatan Penghargaan Filosofi Tridaya Upaya Karsa ke 2 tahun 2020 di Sasono Joko Kahiman Kabupaten Banyumas.

Dalam orasinya Ashoka menegaskan, bahwa politik sudah dimaknai peyoratif dengan hanya mengartikannya sebagai usaha untuk mencari kursi jabatan atau “kekuasaan” semata. Para elit partai politik dan hampir di banyak ormas banyak yang abai dengan pendidikan politik bagi kader maupun masyarakat. Perihal politik, Ashoka mengutip pernyataan Nietzsche bahwa hanya ada satu substansi, yaitu kehendak untuk berkuasa yang bukan sekedar dorongan psikologis yang menjelaskan bermacam-macam bentuk perilaku manusia, tetapi juga menyesatkan manusia dari tercapainya kebesaran dengan hasrat akan uang dan politik kekuasaan.

Penghargaan Filosofi Tridaya Upaya Karsa adalah sebuah program rutin tahunan yang digelar Padepokan Filosofi dan Pondok Tani Organik Yasnaya Polyana untuk memberikan apresiasi kepada para tokoh yang terus berperan dalam memajukan kehidupan dan kemanusiaan diberbagai bidang dengan mengedepankan nilai-nilai filosofi yang kriti dan progresif. Sehingga filsafat tidak menjadi monopoli segelintir manusia.

“Matinya Politik” diangkat menjadi tema dalam kegiatan kali ini sebagai renungan kritis dan sumbangsih pemikiran dari Padepokan Filosofi melihat dinamika kebangsaan dan Keindonesiaan hari ini yang secara indek demokrasi mengalami penurunan. Salah satu faktor penyumbang turunnya indek demokrasi adalah lemahnya pendidikan politik kebangsaan.

Orasi yang dibawakan selama kurang lebih satu jam itu memaparkan bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Trisakti harus dijalankan secara epistemologis, sehingga cita-cita Trisakti mampu bergerak terus-menerus mengisi kekosongan nilai perjuangan kebangsaan. Diantara yang ditekankan dalam poin-poin orasi bahwa politik masih relevan menjadi panglima, bukan ekonomi maupun kebudayaan. Ashoka mengatakan bahwa politik diperlukan dalam menghidupkan ekonomi dan kebudayaan yang berdasar dan berpihak pada nilai-nilai kerakyatan, bukan bertumpu pada elit penguasa yang bias saja salah ambil kebijakan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaunching satu program yang mendorong pada arah berdikari secara ekonomi dan tentunya upaya-upaya yang dapat ditempuh untuk mencapai tahap autarki yakni Komunitas Rumah Tani Tinandur dengan programnya yaitu Tani Lelana.

Program Tani Lelana, Komunitas Rumah Tani Tinandur

Tani Lelana sebagai bagian dari usaha Padepokan dan Lembaga Advokasi Kearifan Lokal yang menjadi ujung tombak gerakan kebudayaan di Padepokan dimaksudkan dapat menjawab program dari kemendikbud perihal Kampus Merdeka. Program ini disediakan sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin melakukan magang bukan hanya dibidang pengenalan tani, namun juga filsafat dan intelektual.

Padepokan Filosofi meyakini bahwa peran intelektual sebagai jembatan emas, haruslah menjadi garda terdepan dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat lewat pemahaman kedaulatan pangan dan berdikari. Selain itu peran intelektual organik harus sinergi dengan intelektual kampus dalam memajukan kehidupan rakyat, mencerdaskan rakyat dan mendampingi mereka dalam merajut usaha bersama bukan individualistic.

Ashoka memberikan warning bahwa pengembangan UKM maupun koperasi yang menjadi bagian dari berdikari secara ekonomi harus mampu berkembang bersama. Jangan sampai UKM maupun koperasi yang besar justru memakan dan mematikan yang kecil.

Dengan mendorong bangsa ini menjadi autarki, diharapkan para buruh migran dapat kembali pulang ke tanah air, dan tidak hanya didengaungkan menjadi pahlawan devisa, karena yang terjadi justru mereka menjadi budak devisa.

Post Author: Yasnaya Polyana Indonesia

Yasnaya Polyana Indonesia, Padepokan Filosofi & Pondok Tani Organik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *