Pondok Tani Organik

Pondok ini merupakan tempat yang kaya akan nuansa alam dan keanekaragaman kehidupan di pertanian. Pondok ini bermaksud memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang makna keanekaragaman itu secara langsung. Bagi kalangan awam, pemahaman mengenai aneka kehidupan yang unik di pedesaan dengan segala sumber penghasilan dan cara kerja sesungguhnya amat diminati. Namun, selama ini, akses untuk mempelajari dan mengenal langsung dunia agraris dengan cara yang tidak formal amatlah terbatas.

Pondok Tani yang diinisiasi oleh Padepokan Filosofi Yasnaya Polyana ini sejak dari awal mula berdiri pada tahun 1974 telah mengajak dan memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pertanian organik dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Sejalan dengan visi dan misi Padepokan Filosofi sebagai media pencerahan, maka Pondok Tani Organik yang mengejewantahkan penghidupan memiliki visi dan misi yang lebih spesifik sebagai benteng kehidupan dan memberi daya pada tugas-tugas pencerahan. Adapun visi dan misinya adalah sebagai berikut : 1.Pengenalan pertanian berkelanjutan (Sustainable Agriculture) dan makna keanekaragaman hayati bagi kaum tani dan masyarakat umum; 2. Kecintaan pada alam (bersatu dengan alam) dengan kegiatan wisata alam, outbond filosofi, excursion; 3. Tempat berkumpul dan pembelajaran bagi kaum praktisi pertanian.; 4. Memfasilitasi pertemuan pertanian; 5. Penyewaan berbagai fasilitas untuk kegiatan-kegiatan organisasi, lembaga, kelompok baik swasta maupun pemerintah; 6. Memberikan pendidikan bagi anak tani untuk meningkatkan bakat, kemampuan dan potensinya yang selama ini tidak dilihat oleh pemerintah.

Dalam memberikan pendidikan tentang pertanian organik, Pondok Tani ini memiliki beberapa paket program yang dijadikan sarana pembelajaran bagi kelompok tani, pegiat tani, komunitas, mahasiswa maupun masyarakat umum yang menginginkan program paket pelatihan.

Daftar Paket Training of Trainer

Pertanian Organik Pondok Tani Yasnaya Polyana

Tahun 2016

untitled-3