Pendidikan Anak Tani

Merupakan salah satu program pendidikan dari Yasnaya Polyana yang mengacu pada pencerahan intelektual dari desa atau sekolah bagi kaum tani, dengan penekanan pada pengembangan bakat anak. Pendidikan ini dimaksudkan dengan tujuan untuk memwujudkan cita-cita kemerdekaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam hal ini anak petani pedesaan yang seringkali menjadi pihak yang kurang terfasilitasi oleh pendidikan baik dalam infrastruktur, maupun tidak ada keberpihakan pendidikan untuk pertanian.

Secara lebih spesifik pendidikan ini bertujuan mendidik anak-anak agar memiliki kemampuan menulis, berwawasan pengetahuan, berbudi pekerti yang luhur, mengenal diri mereka, kreatif dan berjiwa pioneer. Materi yang diberikan berupa menulis, melukis, bahasa, menyanyi, budi pekerti, pelajaran kepengarangan, pengetahuan umum dan prakarya.

Program ini ingin memberikan nuansa pendidikan alam dengan memberikan ruang interaksi bagi anak tani kepada alam. Melalui program ini diharapkan mampu menjadi alternatif pendidikan yang hanya mengakomodir modernitas tanpa diimbangi dengan kecintaan terhadap alam serta mencerdaskan anak tani dengan memberikan pendidikan yang sesuai dengan lingkungan tempat ia tinggal.

Dasar filosofi pedagogi meliputi aspek afeksi, kognisi dan psikomotorik diiplementasi sesuai dengan proporsinya masing-masing. Titik berat dari program ini adalah memfasilitasi anak-anak tani yang berbakat untuk dapat lebih mengoptimalkan potensi bakatnya serta upaya mengangkat bakat anak-anak tani yang tidak terlihat oleh keluarga maupun oleh pemerintah, agar dapat mendapatkan akses yang sama dalam mengaktualisasikan dirinya.

Penanggung Jawab Program : Sdri. Evi Kurniasari Dewi